PPPK Kementerian Agama 2019, Akankah dibuka?

Diposting pada

PPPK Kementerian Agama 2019, Penerimaan PPPK Kemenag 2019, Jadwal Penerimaan PPPK Kemenag 2019, Jadwal Pendaftaran PPPK Kementerian Agama 2019, Formasi PPPK Kemenag 2019, Rekrutmen PPPK Kemenag 2019.

LOKER2019.ID Pada kesempatan ini admin akan berbagi sebuah informasi mengenai rekrutmen PPPK Kementerian Agama tahun 2019. Dengan beredarnya informasi bahwa akan diadakannya penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di tahun 2019 ini. Membuat segelintir orang bertanya-tanya apakah Kementerian Agama juga akan mengadakan rekrutmen PPPK tahun ini? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Merujuk pada konferensi pers yang diadakan oleh Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) beberapa waktu yang lalu yang dihadiri oleh pihak Kemenpan RB dan BKN. Disebutkan bahwa tahun 2019 ini pemerintah akan mengadakan rekrutmen PPPK dalam beberapa tahapan.

Selain itu, terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) juga menjadi bukti bahwa Pemerintah serius akan mengadakan Penerimaan PPPK Tahun 2019? Lalu instansi apa saja yang akan mengadakan rekrutmen P3K tahun 2019? Apakah Penerimaan PPPK Kementerian Agama 2019 juga akan dibuka?.

Info Penerimaan PPPK Kementerian Agama 2019

Sejauh pantau admin, memang belum ada informasi yang menyatakan bahwa Kementerian Agama akan mengadakan rekrutmen PPPK tahun 2019. Namun kemungkinan akan dibukanya penerimaan PPPK Kementerian Agama 2019 tetap ada.

Bima Haria Wibisana selaku Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengatakan bahwa teknis penyusunan kebutuhan tenaga PPPK sama halnya dengan teknis penyusunan kebutuhan CPNS. Dimana instansi terlebih dahulu mengusulkan kebutuhan ke Kemenpan RB, lalu BKN akan memberikan pertimbangan teknis kepada Kemenpan RB terkait kebutuhan formasi tersebut.

Dari pernyataan ini kita bisa menyimpulkan bahwa jika ada pengusulun kebutuhan pegawai oleh Kementerian Agama. Dan usulan tersebut dipenuhi oleh Kemenpan RB atas pertimbangan BKN. Maka bukan tidak mungkin Kementerian Agama juga akan mengadakan rekrutmen tahun 2019 ini.

Jadwal Pendaftaran PPPK Kementerian Agama 2019

Jika Kementerian Agama mengadakan rekrutmen PPPK tahun 2019 ini, maka jadwal penerimaan PPPK Kemenag 2019 juga akan mengikuti jadwal penerimaan PPPK secara nasional yang dibagi kepada 2 tahapan, yaitu:

Tahapan I

Jadwal pendaftaran PPPK 2019 tahapan pertama akan dilaksanakan setelah proses seleksi CPNS 2018 telah selesai atau diperkirakan pada pekan keempat Januari hingga februari 2019.

Tahapan II

Jadwal pendaftaran PPPK 2019 tahapan yang kedua akan dilaksanakan setelah pelaksanaan Pemilu pada bulan April 2019 mendatang.

Hal ini sesuai dengan pernyataan Deputi SDM Aparatur Kementerian PANRB, Setiawan Wangsaatmaja dalam konferensi pers yang diadakan oleh Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) di Jakarta 19/12/2018.

Formasi PPPK Kementerian Agama 2019

Hingga berita ini diturunkan belum ada informasi terkait formasi apa saja yang akan dialokasikan oleh Kementerian Agama dalam penerimaan PPPK tahun 2019. Hal ini dikarenakan memang belum ada informasi resmi dari Kemenpan RB, BKN maupun Kemenag.

Namun Menteri PAN-RB, Syafruddin mengatakan bahwa eks tenaga honorer akan diprioritaskan dalam penerimaan PPPK tahun 2019. Seperti eks tenaga honorer guru, tenaga kesehatan dan penyuluh pertanian. Namun bukan berarti eks tenaga honorer langsung diangkat menjadi PPPK, mereka juga harus melalui proses seleksi untuk memperoleh SDM yang berkualitas.

Disahkannya PP No. 49 tahun 2018 Tentang Manajemen P3K membuka peluang bagi kalangan Diaspora, Profesional, hingga eks tenaga honorer untuk menjadi PPPK. PPPK dapat mengisi jabatan fungsional maupun jabatan pimpinan tinggi tertentu sesuai dengan kompetensi masing-masing.

Persyaratan PPPK Kementerian Agama 2019

Persyaratan PPPK khusus untuk instansi Kementerian Agama memang belum ada, namun persyaratan umum PPPK tahun 2019 berdasarkan pasal 16 PP Nomor 49 tahun 2018 adalah sebagai berikut:

  1. Calon peserta berusia minimal 20 tahun dan maksimal 1 tahun sebelum batas usia sesuai jabatan yang dilamar;
  2. Calon peserta tidak pernah dipidana dengan pidana penjara yang berdasarkan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum yang tetap dikarenakan telah melakukan suatu tindak pidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih;
  3. Calon peserta tidak pernah diberhentikan secara hormat, tidak atas permintaannya sendiri ataupun tidak hormat sebagai PPPK, Pegawai Negeri Sipil, Prajurit TNI, Anggota Kepolisian maupun diberhentikan tidak hormat sebagai pegawai swasta;
  4. Calon peserta bukan merupakan anggota pengurus partai politik dan tidak terlibat politik praktis;
  5. Calon peserta mempunyai kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan persyaratan jabatan;
  6. Calon peserta mempunyai kompetensi yang dibuktikan dengan sertifikasi keahlian tertentu yang masih berlaku dari lembaga profesi yang berwenang bagi jabatan yang mensyaratkan;
  7. Calon peserta sehat jasmani maupun rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar;
  8. Persyaratan lain sesuai dengan kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh PPK.

Nah jika Kementerian Agama mengadakan rekrutmen PPPK tahun 2019 ini, maka persyaratan umumnya juga akan mengikuti sebagaimana persyaratan di atas.

Tahapan Seleksi PPPK Kementerian Agama 2019

Apabila Kementerian Agama mengadakan rekrutmen PPPK tahun 2019, maka tahapan seleksinya juga akan mengikuti tahapan seleksi PPPK 2019 secara nasional. Adapun tahapan seleksi PPPK tahun 2019 berdasarkan Pasal 19 PP Nomor 49 tahun 2018 tentang Manajemen PPPK dibagi menjadi 2 tahapan, yakni:

Tahapan Seleksi Administrasi

Seleksi administrasi ini dimaksudkan untuk mencocokkan persyaratan administrasi serta kualifikasi dengan dokumen para peserta. Panitia seleksi instansi yang mengadakan PPPK melakukan seleksi terhadap seluruh dokumen peserta yang diterima.

Dalam hal dokumen peserta tidak memenuhi persyaratan administrasi, maka peserta tersebut dinyatakan tidak lulus seleksi administrasi. Sedangkan bagi peserta yang lulus seleksi administrasi akan mengikuti seleksi lanjutan, yakni seleksi kompetensi.

Pengumuman hasil seleksi administrasi PPPK 2019 akan diumumkan secara terbuka melalui situs resmi instansi bersangkutan, ataupun di situs resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Tahapan Seleksi Kompetensi

Seleksi kompetensi bertujuan untuk menilai kesesuaian kompetensi manajerial, kompetensi teknis maupun kompetensi sosial kultural yang dimiliki oleh peserta dengan standar kompetensi jabatan.

Seleksi kompetensi teknis yang dimaksud di atas terdiri dari:

1. Seleksi kompetensi untuk jabatan yang mensyaratkan sertifikasi profesi;
2. Seleksi kompetensi untuk jabatan yang belum mensyaratkan sertifikasi profesi.

Seleksi kompetensi teknis bagi jabatan yang mempersyaratkan sertifikasi profesi dilakukan dengan cara menguji kompetensi untuk dapat menentukan peringkat.

Sedangkan seleksi kompetensi teknis bagi jabatan yang belum mempersyaratkan sertifikasi profesi dilakukan untuk menguji kompetensi agar dapat menentukan ambang batas kelulusan dan peringkat.

Pengumuman hasil seleksi kompetensi akan diumumkan secara terbuka oleh PPK berdasarkan penetapan hasil seleksi kompetensi. Peserta yang dinyatakan lulus seleksi kompetensi akan akan diangkat sebagai Calon PPPK.

Contoh Soal PPPK Kementerian Agama 2019

Kita tahu bahwa untuk lulus dalam seleksi kompetensi PPPK Tahun 2019 tidaklah mudah. Hal ini karena peminat untuk menjadi abdi negara jumlah sangat besar, sehingga persaingan akan menjadi sangat ketat. Jadi tanpa persiapan yang matang, mustahil bisa lulus dalam tahapan seleksi kompetensi PPPK 2019.

Nah meskipun begitu, jika anda memang tertarik untuk menjadi Calon PPPK Kementerian Agama 2019 ataupun PPPK di instansi lainnya. Silahkan pelajari Contoh Soal Tes P3K atau PPPK dan Jawabannya sebanyak mungkin. Dengan begitu peluang lulus dalam seleksi kompetensi P3K 2019 akan menjadi lebih besar.

Dan untuk mendapatkan contoh soal tes PPPK dan jawabannya, anda bisa mendownloadnya secara gratis di akhir artikel ini. Namun tentu soal PPPK yang kami bagikan ini terbilang masih kurang, jadi anda bisa mencarinya lagi di situs-situs lain, membeli buku soal-soal PPPK 2019 ataupun mendaftar disini. Daftar

NB:

  • Pendaftaran PPPK Kementerian Agama 2019 BELUM dibuka.
  • Artikel ini ditulis hanya untuk menjawab pertanyaan warga net terkait penerimaan PPPK Kemenag 2019.
  • Artikel ini akan terus diupdate sesuai dengan perkembangan informasi PPPK Kementerian Agama 2019.

Demikianlah informasi penerimaan PPPK Kementerian Agama 2019 yang dapat admin sampaikan. Mohon maaf jika belum menjawab semua pertanyaan anda. Silahkan like dan share pada teman-teman anda melalui media sosial di bawah ini. Terima kasih.

Download Contoh Soal Tes PPPK dan Jawabannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *